Persiapan Merakit PC


Merakit komputer sebenarnya bukanlah merupakan pekerjaan yang sangat sulit, meskipun juga tidak biasa dikategorikan sebagai pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Untuk dapat merakit komputer, orang juga tidak harus memiliki latar belakang keahlian khusus seperti sarjana komputer, atau lulusan teknik informatika, dan lain sebagainnya. Tetapi merakit komputer dapat dilakukan oleh semua orang yang mau dan mampu untuk belajar. Seperti pepatah mengatakan “ala bisa karena biasa”. Dengan belajar orang akan terbiasa dalam menghadapi persoalan, memiliki pengalaman dalam menganalisa masalah serta mengubungkan teori–teori yang ada untuk melakukan pemecahan suatu masalah.

I. Pendahuluan

Mengingat akan pentingnya PC (Personal Computer) baik dalam dunia Pendidikan, dunia kerja, dunia Bisnis, Entertainment maupun sekedar untuk hiburan misalnya. Oleh sebab itu tidak dapat di pungkiri bahwa PC (Personal Computer) memang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk menunjang aktifitas kita sehari-hari. Namun kendala yang sering ditemui adalah masalah uang (harga komputer) itu sendiri, tetapi sebenarnya komputer itu tidak terlalu mahal jika Anda sudah tahu jalan keluarnya.

Merakit komputer adalah satu-satunya solusi yang paling tepat untuk mempersempit pengeluaran dan kita tetap mendapatkan apa yang kita inginkan, dengan demikian Anda harus dapat menguasai teknik merakit komputer atau minimal mengerti bagaimana tekniknya.

II. Tahap persiapan awal

Tahap awal yang dilakukan adalah mempersiapkan komponen-komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah sistem komputer. Disamping itu kita juga perlu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk mempermudah pekerjaan perakitan. Komponen-komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah system komputer dapat dikelompokan, menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

A.Komponen perangkat keras

Komponen perangkat keras (hardware) merupakan komponen-komponen komputer yang secara langsung dapat ditangkap oleh indera kita seperti:

Cassing merupakan tempat meletakan komponen-komponen pemrosesan didalam komputer.
Processor atau dikenal sebagai (Central Processing unit) yang merupakan pusat pengolahan data dan perangkat utama dalam menentukan baik buruknya kinerja sebuah komputer.

MotherBoard merupakan papan induk yang berfungsi untuk pusat pengendali lalu lintas data antar komponen yang ada dalam komputer.

Memori, merupakan komponen pengingat internal yang ada pada komputer dan berfungsi membantu kinerja komputer dalam hal kecepatan proses.

Sound dan Graphic Card,untuk keperluan menampilkan gambar dan suara sebagai bagian dari multimedia dalam komputer.

Harddisk, CD Drive dan Floppy Drive, untuk keperluan penyimpanan data.

Monitor, yang berfungsi sebagai layar penampil (display) teks dan grafis dalam komputer

Keyboard dan Mouse, yang merupakan komponen input data pada komputer.

Speaker, merupakan komponen penampil suara yang dihasilkan pemrosesan audio card komputer.

Disamping itu kita juga membutuhkan kabel-kabel penghubung seperti:

Kabel power, untuk menghubungkan komputer dengan listrik.
Kabel IDE, untuk menghubungkan papan induk dengn Harddisk atau CD Drive.
Kabel Floppy, untuk menghubungkan papan induk dengan Floppy disk drive.
Kabel Audio, untuk menghubungkan papan induk dengan komponen-komponen audio dari komputer.

B. Komponen perangkat Lunak

Komponen perangkat lunak ( software) merupakan program-program yang nantinya akan terinstall pada komputer sehingga membuat perangkat komputer bisa hidup dan dipakai bekerja. Komponen perangkat lunak yang dibutuhkan antara lain:

 Sistem Operasi, merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer . jenis-jenis system operasi antara lain Dos, Windows, Linux, Novell Netware dan sebagainya.

 Program Aplikasi, merupakan perangkat lunak yang siap pakai nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan seperi misalnya jika kita akan menggunakan komputer untuk keperluan perkantoran, maka harus disiapkan aplikasi perkantoran seperti MS.Word, Ms.Excell, Power Point serta Ms Acces. dll

Peralatan yang mempermudah pekerjaan
Untuk mempermudah pekerjaan perakitan, maka membutuhkan peralatan sebagai berikut:

Tang
Obeng, sebaiknya 1 set lengkap atau minimal 1 buah obeng
Pinset, untuk memindah atau mencabut yang diperlukan
Gelang anti statis, berfungsi untuk meredam listrik statis pada tubuh kita
Buku manual, sebagai petunjuk pelangkap pelaksanaan perakitan.

Oleh : Syaiful Ahdan, S.Kom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: